Popular Posts

» » Pengertian Blog, Sejarah Blog, Fungsi Blog, Perbedaan Blog dengan Media Sosial lain, dan Cara membuat Blog


1.1 Pengertian Blog
Blog berasal dari kata “Weblog”. Pada Desember 1997, istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Jorn Barger untuk menyebut jenis website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang dianggap menarik disertai dengan komentar-komentar mengenai link tersebut. Menurut Roger Yim, seorang kolumnis San Francisco Gate, Blog adalah persilangan antara diari seseorang dan daftar link di internet. Di lain pihak, Blog menurut Scott Rosenberg, seorang kolumnis majalah online Salon, adalah website yang lebih bernyawa daripada sekedar kumpulan link, namun kurang instropektif dari sekedar sebuah diari online.
Nurrist Surayya dalam penelitiannya mengungkapkan secara umum, bahwa Blog adalah suatu situs yang biasanya dikelola oleh satu orang secara individual, seringkali terfokus pada suatu subjek atau topik tertentu, baik berita, catatan harian, kumpulan link, daftar komentar atau hasil pikiran, yang di-updatesecara teratur dengan susunan posting terbaru berada paling atas diikuti  posting-posting sebelumnya sesuai dengan urutan kronologi waktu, dan mempunyai frekuensi kunjungan oleh orang lain yang tinggi. Blogger yaitu orang yang memiliki dan membuat Blog. Blogging merupakan kegiatan mengelola suatu Blog.

1.2 Sejarah dan Perkembangan Blog di Dunia
Blog yang pertama ada adalah halaman “What’s New” yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Pada Januari 1994, Justin Hall membuat “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground2”, yang mungkin merupakan Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang. Hingga pada awal tahun 1999, jumlah Blog di internet hanya terdapat sekitar 23 Blog, karena pada saat itu hanya orang-orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan khususlah yang dapat membuat website atau Blog sendiri. Pada bulan Juli 1999, muncul layanan Pitas dan sejak saat itu jumlah Blog meningkat dengan pesat hingga mencapai ratusan. Lalu pada Agustus 1999 muncul layanan Blogger.com. Sejak itu terjadi peningkatan jumlah Blog secara drastis sehingga menjadi sulit untuk dihitung dan dipantau.
Blog-Blog yang terus bermunculan itu masing-masing memiliki topik bahasannya sendiri sesuai dengan minat dan hobi pemiliknya, mulai dari film, politik, kesehatan, seks, olahraga, esai, kritik terhadap pihak tertentu, laporan peristiwa, analisis fenomena sosial, hingga tulisan tentang keseharian seorang Blogger. Umumnya Blog berisi catatan pribadi pemiliknya, tentang apa yang dialami atau dirasakan, tanggapan terhadap suatu isu. Yang membedakan Blog dari diari adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain. Blog juga bersifat personal sehingga kita bisa mengetahui kepribadian seseorang melalui isi Blog-nya. Saat ini semakin praktis dan mudah untuk memiliki sebuah Blog. Seseorang yang ingin memiliki Blog tidak lagi harus memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang pembuatan website atau bahasa pemrograman apapun.
Keberadaan Blog sebagai media yang bebas dan independen mulai terasa pada awal tahun 2002. Ketika terjadi invasi Amerika ke Irak, banyak pengguna internet yang menggunakan Blog untuk saling mengemukakan pendapat dari sudut pandang mereka sendiri. Selama tahun 2003, keberadaan Blog semakin menjadi perhatian. Pada masa ini, banyak bermunculan Blog-Blog perang (war blog), yang menyampaikan informasi tentang Irak. Pada tahun yang sama, The Oxford English Dictionary menambahkan kata “Blog”, dengan definisi: situs yang sering di –update dan berisi pandangan, kutipan dari sumber lain, dll, dikelola secara khusus oleh seseorang dan biasa dilengkapi link ke situs lain; jurnal atau diari online.
Tahun 2004 juga merupakan tahun-nya Blog, karena kata “Blog” terpilih sebagai “Words of the Year” oleh penerbit kamus Merriam-Webster, serta Blogger yang dinobatkan sebagai “People of the Year” oleh ABC News dan majalah TIME. Semakin banyak kalangan yang memanfaatkan Blog, misalnya kandidat presiden , legislatif dan konsultan publik yang menggunakan Blog untuk mengembangkan dan membentuk formasi opini. Banyak pula organisasi dan institusi yang juga menggunakan Blog. Hal ini menunjukkan bahwa Blog semakin dirasa penting dan dianggap sejajar dengan media lain. Meningkatnya penggunaan Blog dikarena
kan sifat Blog yang fleksibel. Selain itu kemajuan teknologi mobile juga mendorong pemanfaatan Blog. Seseorang bisa online dari laptop atau HP sehingga semakin memudahkannya dalam mempublikasikan dan meng-updateinformasi dalam Blog-nya.
Hingga kini, sudah semakin banyak penyedia layanan Blog gratis yang menawarkan kemudahan dan tampilan yang menarik, diantaranya adalah: blogger.com, xanga.com, blogsome.com, multiply.com, blogdrive.com

1.3 Sejarah dan Perkembangan Blog di Indonesia
Di Indonesia, sejarah blog terbagi menjadi tiga generasi: Generasi pertama berkisar antara tahun 1998-2001. Pada generasi ini, para blogger Indonesia berkumpul di msn.or.id dan coolnetters.com, sekarang sudah tidak ada. Saat itu jumlah blogger masih belum banyak. Isi dominan blog pun hanya berupa diari atau jurnal pribadi saja. Layanan yang digunakan yaitu LiveJournal, blogger.com.
Generasi kedua berkisar antara tahun 2001-2002an sampai sekarang. Pada generasi ini, blog-blog yang ada umumnya masih bersifat pribadi. Komunitas-komunitas blogger pun bermunculan, seperti: blogbugs (Indonesia), bbv.or.id (Bandung), angkringan (Yogyakarta), tukang lenong (Jakarta), jumlah Blog juga semakin bertambah. Sampai saat ini blogbugs masih ada dan merupakan direktori blogger Indonesia. Layanan yang digunakan yaitu blogger.com, MT, pMachine. Generasi ketiga berkisar dari tahun 2004 sampai sekarang. Pada generasi ini,  blog-blog yang ada tidak lagi hanya berupa jurnal pribadi, namun sudah mulai beragam dengan topik-topik khusus. Layanan yang digunakan yaitu wordpress, MT.
Sebuah sumber menyebutkan hingga tahun 2005 jumlah blog Indonesia sudah melebihi angka 10.000 buah. Jika menggunakan teori pendiri Technorati David Sifry bahwa blog di dunia berkembang dua kali lipat dalam setiap 10 bulan, maka berdasarkan asumsi perkiraan angkat di atas diperkirakan jumlah blog Indonesia yang aktif hingga akhir 2006 sudah mencapai jumlah 20.000 dan hingga Mei 2007 diperkirakan blog Indonesia sudah mencapai angka 30.000 blog.

1.4 Fungsi dan penggunaan Blog
Secara umum, fungsi dan penggunaan blog-blog yang ada di Indonesia, dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori, yaitu:
1.      Sebagai sumber informasi
Blog kategori ini dikelola secara individual atau kelompok, dan digunakan untuk menginformasikan berita tertentu, baik yang secara spesifik berkaitan dengan suatu hal ma
upun topik berita secara umum.
2.      Sebagai representasi produk pemikiran, hasil analisis dan observasi
Blog digunakan untuk mempublikasikan pandangan, pendapat, analisis atau observasi blogger terhadap isu-isu teknologi, ekonomi, sosial, budaya maupun hal-hal yang diminati atau diamati  lingkungan sekitar blogger. Kategori ini juga termasuk blog-blog yang berisi report tentang suatu studi, laporan atau esai akademis dan forum konsultasi yang spesifik tentang suatu hal.

3.      Sebagai media ekspresi diri
Isi posting dalam kategori ini berkenaan dengan hal-hal atau bidang yang mengekspresikan diri blogger. Secara spesifik berkenaan dengan hasil karya berupa cerpen, puisi, desain grafis, karikatur, dsb; kegiatan atau bidang yang digemari blogger.

4.      Sebagai diari online
Sebagai diari online, isi posting berupa catatan keseharian blogger, yaitu berkenaan dengan hal hal yang dikerjakan, dipikirkan atau dirasakan. Blog jenis ini mendominasi blog-blog yang ada di Indonesia. Blogger Indonesia rata-rata menggunakan blog-nya untuk menuangkan kehidupan personalnya.

5.      Sebagai media untuk menjalin relasi
Blog kategori ini memang dikhususkan untuk menjalin relasi. Kategori ini meliputi dua jenis, yaitu blog komunitas atau blog personal yang isi postingnya didedikasikan untuk seseorang atau keluarga.

11.5     Perbedaan Blog dengan Media sosial lainnya
·         Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
·         Situs web (bahasa Inggris: web site) atau sering dingkat dengan istilah situs  adalah kumpulan dari halaman-halaman situs, yang biasanya terangkum dalam sebuah domain atau subdomain, yang tempatnya berada di dalam World Wide Web (WWW) di Internet yang memiliki topik saling terkait, terkadang disertai pula dengan berkas-berkas gambar, video, atau jenis-jenis berkas lainnya.
·         Facebook adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.


21.6      Cara membuat Blog



1.   Awal pembuatan blog hal pertama dilakukan adalah membuka website www.blogger.com, lalu klik blog baru.

2. Sebelum membuat blog dapat membuat judul yang kita inginkan yang nantinya akan diposting, selain itu dapat menulis alamt kita dan yang terkhir menentukkan template desain agar seseorang lebih tertarik melihat blog kita, selain memperoleh informasi .

3. Membuat entri baru itu memperbanyak suatu informasi, dengan ini dapat menambah banyak informasi dari yang kita punya.

4.      Membuka daftar entri, banyak daftar posting yang bisa dilihat.

5.  Pada tahapan ini kita bisa membuat informasi yang bisa diposting nantinya, sehingga seseorang dapat memperoleh informasi, sistem mengisi informasi ini hampir sama dengan microsoft word. Namun disini terdapat perbedaan yaitu jika ingin mengisi gambar terlebih dahulu harus menguploadnya, sebelum nantinya di add seletion.

6.    Ini adalah template di mana dapat membuat desain suatu blog, untuk memperindah suatu blog. Selain memperindah blog juga dapat membuat blog menjadi lebih menarik dan pengunjung lebih senang melihat blog kita.

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

2 komentar for Pengertian Blog, Sejarah Blog, Fungsi Blog, Perbedaan Blog dengan Media Sosial lain, dan Cara membuat Blog

  1. Sangat membantu
    Kunjungi website kami
    Http://WWW.atmaluhur.ac.id/
    Kunjungi juga blog saya
    https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=1066600591231126904#editor/target=post;postID=4730623288680260571

    BalasHapus
  2. Masih Bingung Bossku Cari BO Poker Yang Aman & Terpercaya ???
    Ingin Kemenangan langsung dibayar secepat kilat , Tanpa Ribet ?
    JACKPOT langsung dibayar secepat kilat
    Ayo Langsung saja Yuk Gabung d website kami

    Dengan Server IDNPLAY Situs Taruhan Judi poker RECOMMENDED Banget Nii Guys ^_^ !!!
    Paling Aman & Terpercaya Di Indonesia
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    Daftar & Gabung Bersama Kami Sekarang Juga di MEJAONLINE
    Dapatkan Promo Bonus Dari Kami :
    1. BONUS DEPOSIT NEW MEMBER UP TO Rp. 50,000
    2. BONUS ROLLINGAN 0.4 % SETIAP HARI SENIN
    3. BONUS REFFERAL 20 % SETIAP HARI KAMIS

    Tunggu apalagi boss? AYO DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANG !
    Link Resmi :
    MEJAONLINE*.INFO (BINTANG NYA DI HAPUS ^_^ )

    ^_^ DI TUNGGU KEHADIRANNYA ^_^
    📲 WA : +85516798223

    Poker Online Tercepat
    Poker Online Terbaik
    Ceme Online
    Domino QQ
    Poker Online Indonesia

    BalasHapus

Select Menu